Saturday 15 October 2016

Bagaimana mengatasi suara gitar yang cempreng dan fals?

 BAGAIMANA MENGATASI SUARA GITAR YANG CEMPRENG DAN FALS?
mengenai pertanyaan tsb, sedikit gue bagi tipsnya buat agan" sekalian, silahkan dibaca dengan teliti.
Hasil gambar untuk gitar
Dalam dunia gitar ada beberapa faktor yang harus dirawat dengan baik agar suaranya tidak berubah, salah satunya adalah bodi atau tabung gitar. Besar kecilnya bodi gitar mempengaruhi suara gitar, ada yang terlalu cempreng dan juga terlalu ngebass. Tapi bukan itu saja yang bisa mempengaruhi suara gitar tapi juga senar, umur gitar juga dapat mempengaruhi suara gitar cuma faktor paling besarnya ada di bodinya. Suara gitar berubah menjadi cempreng itu wajar wajar saja, kemungkinan itu terjadi karena ada keretakan di sudut sudut bodi gitar. Bodi gitar yang pecah bisa menyebabkan suara gitar menjadi cempreng dikarenakan resonansi suara yang terjadi didalam tabung mengalami kebocoran, penangananya yaitu bisa dilem biar merekat lagi. Nah berikut beberapa cara untuk merubah suara gitar menjadi lebih enak didengar,


Ganjal dengan kertas.
cara ini adalah cara yang paling ampuh untuk merubah suara gitar. Caranya adalah dengan melipat kertas menjadi 2 atau 3 lapis lalu pasangkan di penyangga senar di tremolo dan jika jarak senar dan fret terlalu lebar, lipatan pada kertas bisa dikurangi. dan jika kurang memuaskan bisa mengunakan cara dibawah.


  1. Ganti senarnya. Jika senar pada gitar kalian sudah karatan atau rusak maka gantilah senar yang berkualitas langsung satu set. ini bertujuan supaya tidak ada perbedaan suara pada senar. Saya sarankan senar yang bagus itu senar yang nomor 3 sampai 6 ada lilitanya. 
  2. Stem. Nah jika senar sudah bagus sekarang stemanya yang harus tepat. Maksud dari kata tepat ialah saat kita men stem gitar usahakan mendapat nada yang indah yaitu tidak terlalu cempreng ataupun tidak terlalu ngebass dan jika sudah terdengar indah tinggal menyamakan nada yang lainya. 
  3. Tabung atau body gitar. Lakukan pengecekan pada tabung gitar caranya bisa dilihat dari lubang pada tabung gitar dan menghadap pada cahaya jika saat melihat tabung gitar ada kebocoran pasti akan ketahuan. Dan kalau berlubang kalian bisa merekatkanya dengan lem, Kalau masih cempreng tambahkan beberapa kapas di dalam tabung gitar caranya dengan menempelkan beberapa kapas yang lalu di lem atau disolasi jika sudah tambahkan minyak kayu putih di semua kapas yang ada didalam tabung.
  4. Stang bengkok. ? Stang atau neck gitar yang bengkok juga dapat mempengaruhi karena dapat merubah jarak senar sehingga lebih longgar dan juga membuat penempatan jari menjadi sulit juga membuat rambatan suara pada neck menjadi kurang bagus. Ini caranya buat memperbaiki stang gitar yang bengkok. 
  5. Fret Jarak antar fret yang tidak sama membuat suara gitar menjadi tidak bersih dan juga fret yang sudah terkikis oleh senar menyebabkan tabrakan dengan fret didepanya sehingga suara senar akan berubah drastis. Upaya penangananya harus mengganti fret tersebut dengan yang baru.
  6. Tremolo. Tremolo adalah komponen pada gitar yang berfungsi sebagai pengait senar yang berada di bodi gitar. Kadang tremolo juga bisa terlepas pada bodi dan jika itu terjadi kalian bisa mengencangkan bautnya atau dilem. Perhatikan juga pengganjal senarnya jika terlalu tinggi kalian bisa mengamplasnya supaya lebih rendah. Hati hati jika pengganjal terlalu rendah akan mengakibatkan senar bertabrakan dengan fret. 
  7. Bonus Jika semua cara diatas tidak berhasil maka langkah selanjutnya adalah membakar gitar kalian lalu beli yang baru haha. Nah itulah beberapa cara untuk merubah suara gitar agar tidak cempreng. Dari ke enam cara tersebut tidak semuanya harus dilakukan, bisa diambil beberapa saja yang cocok dengan kondisi gitar kalian. 

nah, itulah sedikit tips dari gue untuk ngatasin gitar lo yang kedengeran cempreng dan fals, langsung dicoba,,, semoga sukses,,,

No comments: