Tuesday 21 June 2016

Bagaimana Cara Membuat Surat lamaran Kerja yang Baik dan Benar?

  Sebagai langkah awal mencari pekerjaan di perusahaan yang memiliki lowongan pekerjaan ialah membuat surat lamaran pekerjaan kemudian distor kepada pihak perusahaan dan dipertimbangkannya apakah layak dan tidaknya si pelamar kerja untuk di terima bekerja di perusahaan tersebut.

  Disamping kualitas diri, surat lamaran pekerjaan juga berpengaruh dalam hal penerimaan pegawai untuk perusahaan. Bila surat lamaran tersebut hanya asal-asalan saja dibuatnya atau biasa disebut asal jadi, jangankan untuk mempertimbangkannya untuk melihatnya pun enggan bukan??. 

  Nah, untuk itu aratikel saya kali ini mungkin akan sedikit membantu anda dalam membuat lamaran kerja yang baik dan benar.


Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar


Sebuah surat lamaran kerja tidak serta merta asal membuatnya tetapi harus memperhatikan format, maupun tata cara penggunaan bahasa beserta kesiapan surat pendukung lainnya agar menjadi lebih lancar, maka dari itu sebelum membuat surat lamaran kerja tersebut perlulah mempersiapkan dan memperhatikan tips seperti di bawah ini :

1. Pergunakan bahasa yang baik dan benar
    Susun kalimat - kalimat surat lamaran kerja dengan baik dan benar jangan menggunakan bahasa gaul yang tidak patut dicantumkan.

2. Tulislah dengan kalimat yang sopan
  Jangan lupa menggunakan kalimat yang sopan, dan jangan menggunakan kalimat yang terkesan menyombongkan diri.

3. Usahakan menulis manual dengan rapi
    Hingga saat ini masih banyak perusahaan yang lebih menyukai surat lamaran kerja yang ditulis dengan manual menggunakan ballpoint, karena akan mudah menilai kepribadian seseorang dari hasil tulisan tangannya sendiri. Upayakan agar tidak kotor dan corat-coret tulisan anda.

4. Siapkan dan lengkapi syarat-syarat dari perusahaan
    Jangan lupa melengkapi surat-surat yang dibutuhkan ataupun disyaratkan dari peusahaan

5. Lampirkan sertifikat pendukung lainnya
   Jika ada sertifikat lain boleh saja ikut dilampirkan untuk menambahkan kriteria kemampuan anda, sehingga pihak HRD lebih mempertimbangkan anda

baca juga : contoh surat pengalaman kerja

Sebenarnya inti dari sebuah surat lamaran kerja terbagi atas 3 bagian, Yaitu  :
  • Bagian pembuka 
  • Bagian isi atau uraian
  • Bagian penutup

1.  Bagian Pembuka

Pada bagian ini terdiri atas sumber informasi lowongan pekerjaan yang diperoleh si pelamar, Bagian lowongan kerja yang ingin ditempati ( diinginkan si pelamar )

2. Isi atau Uraian

Pada bagian ini menjelaskan bahwa si pelamar kerja sudah memenuhi persyaratan yang diinginkan perusahaan, selain itu memberikan informasi biodata tentang usia, tempat tinggal, tempat tinggal serta keterampilan yang dimilikinya untuk menunjang posisi yang diinginkan.

3. Penutup

Bagian ini berisi harapan dari si pelamar kerja tentang proses selanjutnya dengan disertai pula ucapan terimakasih.

Sebuah surat lamaran kerja sebenarnya tidak membutuhkan waktu yang lama untuk membuatnya, Tetapi Anda perlu melakukan dengan baik dan benar mengikuti kaidah maupun tata cara penulisan yang tepat seperti dijelaskan di atas. Oleh karena itu agar lebih mudah membuatnya, Anda perlu memperhatikan contoh surat lamaran kerja yang ada di bawah ini dan lakukan latihan terlebih dahulu hingga berhasil menulisnya dengan baik dan benar.

Demikianlah artikel saya kali ini untuk menjawab pertanyaan anda tentang  Bagaimana Cara Membuat Surat lamaran Kerja yang Baik dan Benar?. Semoga bermanfaat.
Dan mohon dikoreksi jika ada kesalahan di dalam artikel kami. Terimakasih telah sempat mampir ;)

No comments: